Minggu, 11 Oktober 2009

Terapi Musik untuk calon anakku

Gara2 ga sengaja ketemu Clara, temen sesama bumil pas kondangan, gue dapet info soal Terapi Musik untuk bayi di Parents Education (PE) di RSAB Harapan Kita. Secara gue emang percaya banget kalo musik bisa membuat cerdas anak kalo di stimulus sejak dalam kandungan, makanya gue tertarik untuk ikut terapi itu.

Akhirnya, Sabtu pagi kemarin gue ditemenin Bayu ke RSAB Harapan Kita. Langsung ke loket pendaftaran rawat jalan, bilang aja pasien baru dan mau ikut kelas PE. Cuma bayar uang pendaftaran Rp 10 ribu dan dikasih kartu pasien. Terus langsung menuju ruang PE, isi form data dan bayar Rp 117.500,- untuk terapinya.

Ada 7 bumil yang ikut terapi itu, jumlahnya 7..pas sama jumlah tempat tidur di ruang terapinya..hehehe. Karena gue baru mulai, jadi session 1 adalah konsultasi sama ibu psikolog, namanya Louise Maspaitella M.Psi tapi bumil yang lain manggilnya "Oma". Oh iya, konsultasi ini harus diikuti sama suami, biar mereka tahu gimana proses dari awal kehamilan, apa yang dirasa bumil & janin selama 9 bulan, gimana persiapan diri bumil untu melahirkan, dsb. Pokoknya 1 jam bakalan ga berasa deh karena orangnya strict tapi fun...

Session selanjutnya bumil masuk ke ruang terapi, ruangannya nyaman, sejukkkkk, bersih. Disini bumil langsung disuruh berbaring dengan posisi yang diatur oleh Oma yang bikin kita "PW" banget. Ini tahap yang paling mantab...bumil kudu relax secara fisik & mental sebelum masuk ke tahap stimulasi janin. Kita dikasih instruksi untuk mengendurkan & mengencangkan otot2 dan juga mengatur pernafasan (10-15 menit). Setelah secara fisik kita relax, baru deh Oma masuk ke relaksasi mental. Dia mengucapkan kata2 yang bersifat sugesti & menguatkan. Selama Oma kasih instruksi, kita disetelin musik yang bener2 bikin kita rilex....sumpeh deh...
Tahap selanjutnya adalah stimulasi janin (15-20 menit). Masing2 bumil melakukan berbagai gerakan sambil Oma mendatangi kita satu-persatu, mengusap halus perut kita sambil mengajak bayi kita ngobrol....eh...Oma ngajak ngobrol bayi kita dengan nyebutin namanya lho...hehehe. Believe it or not...terasa banget bayi kita akan melonjak2, merespon omongannya si Oma. Cara ini juga bisa dipakai untuk mengajak bayi kita memasuki rongga panggul ibu kalau posisi bayi masih belum muter.

Lalu yang terakhir adalah....bumil dibiarkan tidur pulas menikmati alunan musik klasik yang tenangggg...1 jam lamanya. Bangun2 badan bugar, ga pegal2...yummy.

Minggu depan mau ikutan lagi ah..semangat....

Info tambahan bisa dibaca di :
http://faithjosephine.multiply.com/journal/item/9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please leave your comments here :